Minggu, 02 Juli 2023

Seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar aspek keterampilan berikut dalam pembelajaran.


Bintan, aksijar.blogspot.com - Untuk merumuskan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok yang tepat, kita perlu memperhatikan beberapa kriteria berikut: 

1. Relevansi Indikator harus berkaitan langsung dengan kompetensi dasar yang akan diajarkan. Dalam hal ini, indikator harus berhubungan dengan kemampuan siswa dalam menceritakan kisah hidup seorang tokoh. 

2. Spesifik Indikator harus merinci perilaku atau hasil yang konkret yang dapat diobservasi atau diukur. Hal ini memungkinkan guru untuk menilai kemampuan siswa secara obyektif. 

3. Realistis Indikator harus mempertimbangkan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa yang sesuai dengan tingkat kelasnya. Indikator harus dapat dicapai dengan usaha yang wajar oleh sebagian besar siswa. 

4. Dapat Mengukur Kemampuan Indikator harus fokus pada aspek keterampilan yang ingin dievaluasi, dalam hal ini kemampuan siswa dalam menceritakan kisah hidup seorang tokoh. 

Bagaimanakah Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi Kunci/Pokok untuk KD di Atas? 

» Mengidentifikasi dan menjelaskan latar belakang tokoh yang dipilih. 

» Menyajikan urutan peristiwa penting dalam hidup tokoh dengan benar. 

» Menggambarkan karakteristik dan kepribadian tokoh yang relevan. 

» Menghubungkan peristiwa dalam hidup tokoh dengan dampaknya terhadap kehidupan dan kontribusinya. 

» Menggunakan bahasa yang tepat dan jelas dalam menceritakan kisah hidup tokoh. 

» Mempresentasikan kisah hidup tokoh dengan ekspresi yang tepat dan mempertahankan ketertarikan pendengar. Indikator-indikator di atas memberikan panduan yang spesifik tentang perilaku atau hasil yang diharapkan dari siswa. 

Guru dapat menggunakan indikator-indikator ini sebagai dasar untuk merancang kegiatan pembelajaran dan mengevaluasi pencapaian kompetensi siswa dalam menceritakan kisah hidup seorang tokoh. 

1 komentar: