Bintan, aksijar.blogspot.com - Metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut adalah
sebagai berikut:
a. Ceramah atau eksposisi: Guru menjelaskan konsep perkalian dan memberikan contohcontoh konkret. Metode ini sesuai dengan tujuan pembelajaran pertama, yaitu
mendefinisikan konsep perkalian.
b. Eksplorasi atau discovery learning: Guru menyediakan kancing warna dan meminta
siswa untuk menggunakan kancing tersebut untuk melakukan operasi perkalian
tertentu. Metode ini sesuai dengan tujuan pembelajaran kedua, yaitu mengalikan dua
bilangan cacah menggunakan kancing warna.
c. Presentasi dan diskusi atau tanya jawab: Guru menyuruh siswa untuk
mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas dan mendorong diskusi atau tanya
jawab antar siswa tentang hubungan antara perkalian dan penjumlahan.
Metode ini
sesuai dengan tujuan pembelajaran ketiga, yaitu menjelaskan hubungan antara
perkalian dan penjumlahan.
Kegiatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut
adalah:
a. Guru menjelaskan konsep perkalian dan memberikan contoh-contoh. Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya jika ada hal yang belum dipahami.
b. Guru membagikan kancing warna kepada siswa dan meminta mereka untuk melakukan
operasi perkalian tertentu dengan menggunakannya. Guru mengawasi dan membantu
siswa yang mengalami kesulitan.
c. Siswa dipilih untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas, termasuk
penjelasan mereka tentang hubungan antara perkalian dan penjumlahan. Siswa lain
diberi kesempatan untuk bertanya atau memberikan komentar. Guru kemudian
memberikan penjelasan lebih lanjut atau koreksi jika diperlukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar