Minggu, 02 Juli 2023

Seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar tertentu dengan tujuan pembelajaran dalam RPP sebagai berikut

5 Model Pembelajaran Kreatif untuk Anak Milenial - Wisatasekolah.com 

Bintan, aksijar.blogspot.com - Metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut: 

a. Ceramah atau eksposisi: Guru menjelaskan konsep perkalian dan memberikan contohcontoh konkret. Metode ini sesuai dengan tujuan pembelajaran pertama, yaitu mendefinisikan konsep perkalian.

b. Eksplorasi atau discovery learning: Guru menyediakan kancing warna dan meminta siswa untuk menggunakan kancing tersebut untuk melakukan operasi perkalian tertentu. Metode ini sesuai dengan tujuan pembelajaran kedua, yaitu mengalikan dua bilangan cacah menggunakan kancing warna. 

c. Presentasi dan diskusi atau tanya jawab: Guru menyuruh siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas dan mendorong diskusi atau tanya jawab antar siswa tentang hubungan antara perkalian dan penjumlahan. 

Metode ini sesuai dengan tujuan pembelajaran ketiga, yaitu menjelaskan hubungan antara perkalian dan penjumlahan. Kegiatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut adalah: 

a. Guru menjelaskan konsep perkalian dan memberikan contoh-contoh. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jika ada hal yang belum dipahami. 

b. Guru membagikan kancing warna kepada siswa dan meminta mereka untuk melakukan operasi perkalian tertentu dengan menggunakannya. Guru mengawasi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan. 

c. Siswa dipilih untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas, termasuk penjelasan mereka tentang hubungan antara perkalian dan penjumlahan. Siswa lain diberi kesempatan untuk bertanya atau memberikan komentar. Guru kemudian memberikan penjelasan lebih lanjut atau koreksi jika diperlukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar